Home > Dikdasmen, Warung Kopi > Pekerjaan Rumah untuk Orang Tua Murid

Pekerjaan Rumah untuk Orang Tua Murid


Ilustrasi. (Sumber: NA)

Ilustrasi. (Sumber: NA)

Komunikasi antara orang tua murid dan guru itu asik. Banyak cara dilakukan oleh pihak guru secara personal atau melalui kegiatan sekolah bersama untuk berkomunikasi dengan orang tua murid. Kemampuan berkomunikasi antarpihak yang baik ini diyakini dapat membantu si anak dalam melakukan kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah dan dapat meningkatkan kesepahaman antara pihak sekolah dan orang tua murid.

Siang hari ini saya mendapat email dari salah satu guru anak saya, yang isinya adalah keingintahuan guru mengenai si anak dari sudut pandang orang tuanya. Silakan simak berikut ini:

homeworkparents

Sang guru, dengan bahasa yang sederhana, memberikan “homework” pada saya dan saya diberi kebebasan untuk merespon atau mengabaikan. Jika merespon maka saya diminta untuk menyampaikan kondisi sebenarnya dari anak saya. Bentuk PR yang tidak biasa, tidak memaksa, dan tidak harus dikerjakan, tetapi justru membuat saya tertarik untuk meresponnya secepat mungkin, dengan jujur.

Jawaban saya kelak tentunya akan terlihat oleh sang guru “kebenarannya” saat melihat keseharian anak saya di sekolah. Dan akan terlihat juga apakah saya memahami anak saya dengan baik…

Terimakasih bu guru, sudah mengajak saya berpikir dan jujur.🙂

*/ : )

—–

Posting ini terkait dengan tema blog di c2america.wordpress.com.

Categories: Dikdasmen, Warung Kopi Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. September 14, 2014 at 10:24 am

Leave a Reply

