Home > Warung Kopi > Dosen Mempengaruhi Masa Depan Mahasiswa

Dosen Mempengaruhi Masa Depan Mahasiswa


Memperkenalkan pertanian pada anak-anak sekolah dasar.

Memperkenalkan pertanian pada anak-anak sekolah dasar di pesawahan.

Dalam salah satu pemberitaan daring, seorang menteri berpendapat impor komoditas pertanian akan terus dilakukan. Dalam tweetnya pun ia bersikukuh akan teori. Yang bikin ramai adalah tersenggolnya PTN Pertanian oleh sang menteri terkait dengan pekerjaan favorit para alumni.

Saya tidak perduli dengan keributan yang terjadi. Itu bukan fokus perhatian saya. Kejadian tersebut hanya mengingatkan saya…

Saya jadi ingat saat menjadi mahasiswa ataupun saat menjadi pengajar musiman di beberapa PT. Saya melihat bahwa apapun jurusannya, atau bidang keilmuannya, mahasiswa akan melihat kenyataan yang dicontohkan para dosen.

Saat mana dosen teriak-teriak mengenai idealisme keilmuan, tetapi dalam keseharian mencontohkan kehidupan yang kapitalis, ya mahasiswa akan mengikuti yang terlihat langsung.

Contohnya adalah mahasiswa mengalami kesulitan bertemu dengan dosen bukan karena dosen sibuk penelitian pada keilmuannya, tetapi karena dosen mroyek sana-sini. Alasan mroyek jelas sekali, kapital. Untuk apa..? Ya untuk kesejahteraan hidup.

Lalu apa yang tertanam dibenak mahassiswa? Mungkin: cukup selesaikan kuliah lalu carilah penghidupan sebaik-baiknya, masalah keilmuan itu bisa diatur nanti.

Bagi mahasiswa yang menyaksikan para dosennya asik dengan penelitian dan ketat dengan keilmuan, maka akan terpateri bahwa bidang ilmunya memang penting untuk kehidupan. Pantas untuk digeluti dan diperdalam kemudian.

Dunia pendidikan itu sederhana, tetapi perlu kekuatan lahir dan batin dalam menjalaninya. Manjadi guru atau dosen memang tidak gampang.

*/ : )

Categories: Warung Kopi Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: