Home > Warung Kopi > Ayo Petakan Cerita Kegiatan Pramuka mu

Ayo Petakan Cerita Kegiatan Pramuka mu


Peta Cerita

Peta Cerita

Apakah kamu punya cerita perjalanan atau petualangan bersama rekan-rekanmu dan tertulis diblog..? Setiap cerita pasti punya keunikan lokasi karena dari sanalah banyak kata akan mengalir.

Saat kegiatan Pramuka, saya mempunyai sejuta kenangan yang tak terlupa. Sayang sekali saat itu belum ada media cerita internet, karena internet pun belum ada di kampung saya. Tapi saat ini jaman berubah maju, jalur internet dapat diakses dengan sangat mudah dari sebagian besar wilayah negeri kita.

Bukti..? Saat saya mengikuti acara Lomba Tingkat V Pramuka Penggalang di Cibubur Jakarta pada tahun 2012. Dari semua perwakilan Kwartir Daerah di Indonesia, semua mengenal internet dan dapat melakukan tugas berbasis internet dengan sangat baik. Sila baca ceritanya di: Teknologi Publikasi Menyapa Pramuka Penggalang.

Nah, jika kamu adalah anggota Pramuka dan mempunyai banyak tulisan perjalanan diblogmu, maka jika ditempatkan pada peta akan lebih menarik. Pengunjung cukup melihat peta dan memilih lokasi yang diinginkan, maka icon tulisanmu akan bisa langsung diklik.

Saya membuat Peta Cerita yang memetakan banyak cerita disebuah panel peta daring, dan ada khusus tema kepramukaan. Silakan tempelkan ceritamu disana.

Baiklah, saatnya mencoba:

Untuk menempelkan ceritamu caranya gampang. Langkah sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Pertama adalah kunjungi laman pengisian data, silakan klik disini.
  2. Tentukan lokasi cerita dengan menempatkan penanda (marker) pada peta di lokasi yang diinginkan. Gunakan penggerak pada tetikus (scroller) untuk zoom-in/out. Atau lakukan pergeseran peta dengan klik-geser-lepas. Penanda juga digerakkan dengan klik-geser-lepas.
  3. Isikan metadata pada kolom dikanan. Judul tulisan adalah penting dan harus diisi. Tema tulisan dipilih sesuai dengan yang dianggap pas. Alamat URL permalink (alamat internet yang langsung pada tulisan) harus diisikan. Jika ada gambar maka masukkan image URL-nya.
  4. Nama dan email kamu diperlukan untuk isian sebagai kontributor, walau tidak wajib.
  5. Periksa lagi isian, jika sudah yakin maka klik “Simpan”, atau kalau mau mengubah total bisa klik “Batal”. Isian ini tidak mengenal pengeditan, jadi sekali masuk selesai.
  6. Untuk menghindari kesalahan penempatan dan/atau isian, misal: lokasi diletakkan di tengah laut padahal cerita tentang di gunung, maka saya berlakukan sistem moderasi. Berapa lama cerita termoderasi… ya semoga cepetlah kalau moderator lagi nggak banyak kerjaan… hehe…

Yuk kita petakan cerita kita. Salam Pramuka..!

*/ : )

———-

Tulisan terkait:

  1. April 24, 2014 at 7:12 pm

    Reblogged this on MARJANI UNTUK PENDIDIKAN.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: