Home > Warung Kopi > Ngerumpi Ortu tentang Zona Nyaman

Ngerumpi Ortu tentang Zona Nyaman


parentsmeetingHari ini saya mengikuti pertemuan antara semua orang tua murid sekelas anak saya yang di SMA, dan juga dihadiri oleh guru BK. Pertemuan kekeluargaan, silaturahim, yang menarik.

Masing-masing ortu diminta menceritakan anaknya sejak sebelum hingga setelah memasuki SMA ini. Dan bergantianlah ortu bercerita. Menarik sekali keragaman cerita yang ada, dan yang lain pun memberikan respon positif.

Dari sekitar 20-an ortu yang hadir dari total 26 yang tercatat di kelas tersebut, ada hal asik yang saya temukan. Beberapa ortu bercerita mengenai anaknya yang tadinya bersekolah di sekolah swasta “yang baik dan favorit”. Alasan mereka kemudian memasukkan anak ke sekolah negeri adalah: mendidik anak untuk tidak selalu berada di zona nyaman, untuk harus juga merasakan disuasana lain yang lebih nyata.

Seperti kita ketahui, sekolah swasta yang dimaksud adalah sekolah yang telah menyajikan layanan sempurna bagi anak-anak muridnya. Dari sisi bangunan, guru, dan perlakuan guru semua adalah kelas satu. Anak benar-benar dalam kondisi nyaman dalam menjalani kehidupan sekolahnya. Sedangkan sekolah negeri tidaklah demikian. Di sekolah negeri tidak ada jaminan bangunan yang bagus, guru tidak selalu masuk sesuai kewajibannya, dan sekolah tidak menyediakan antar-jemput anak muridnya, sebagai contoh.

Di sekolah negeri anak lebih dipaksa untuk mandiri dan mengenal realitas kehidupan. Ada keburukan sikon tetapi juga banyak hal positif yang menarik untuk dipahami dan dirasakan sebagai pengalaman hidupnya.

Pendapat beberapa ortu yang mengenai “zona nyaman” ini membuat saya senang, karena ternyata masih banyak ortu yang berfikiran “sehat” dengan realistis melihat masa depan anak terkait dengan tingkat perjuangan yang memang harus dialaminya di sekitar kehidupannya, kini dan kelak.

Saya pernah menuliskan hal semacam ini tahun lalu ( sila baca di http://goo.gl/2QXYjU ) dalam salah satu blog saya.

Ngerumpi antarortu ternyata asik juga
: )

Bogor, 19 Oktober 2013

*/ ditulis ulang dari status Facebook.

Categories: Warung Kopi Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: