Home > Dalam Kelas, Uji Nyali > Tips Mengerjakan Soal Ujian

Tips Mengerjakan Soal Ujian


Sumber gambar asli nggak tau. (?)

Sumber gambar asli nggak tau. (?)

Jika ada 10 soal maka kerjakanlah 15. Bagaimana mungkin ini terjadi? Kurang kerjaan amat nambahin soal yang dikerjain?

Musim ujian akhir semester bagi SMA/SMP/sederajat sudah berakhir, atau sebagian masih berjalan, pada saat saya posting tulisan ini. Tapi berbagi tips boleh-boleh aja kan..? Karena ujian bukan hanya milik adik-adik SMA/SMP/sederajat saja. Tul gak..?

Mengerjakan soal yang berjumlah sekian puluh dalam waktu terbatas selalu membuat kondisi tekanan yang beragam. Dalam proses pengerjaan saya akan memisalkan seperti yang ditulis diatas. Ini pengalaman pribadi yang sangat mungkin tidak tepat ditiru oleh pembaca😀

Bagaimana mengerjakan 15 soal padahal hanya ada 10 soal?

Langsung saja, begini ceritanya.

Anggap saja dalam satu ujian ada 10 soal dengan waktu satu jam untuk diselesaikan. Kebayang ‘kan 10 soal dengan waktu sejam kaya apa tuh “kualitas”-nya.

Strategi yang dilakukan adalah:

  • Kerjakan 10 soal yang ada dalam waktu 30 menit. Pengertian “kerjakan” adalah tidak harus selesai atau tuntas semua nomor soal.
  • Selesai 30 menit, maka waktu yang tersisa adalah 30 menit. Targetkan 15 menit berikutnya mengerjakan 5 soal lagi. Yang menjadi pertanyaan adalah: Soal yang mana..? Yaitu soal yang 10 nomor tadi tapi yang dirasa belum selesai tuntas atau masih dalam keraguan mengenai kebenarannya. Hanya untuk soal yang masih meragukan atau belum terkerjakan. Bisa jadi lebih dari 5 soal, tapi jika lebih dari 5 ini artinya memang nggak siap ujian, hehehe.
  • Durasi 15 menit untuk menuntaskan semua soal yang mengganjal dan belum tuntas pengerjaannya. Selesai dengan 15 menit ini, maka waktu yang tersisa kemudian adalah 15 menit sebelum gong berbunyi.
  • Sisa waktu ini gunakan untuk mengecek ulang semua soal dengan kecepatan tinggi dan nggak perlu detil-detil amat. Jika masih ditemukan yang nggak sreg atau nggak yakin maka periksa dan kerjakan lagi.
  • Waktu satu jam selesai, tutup soal, lupakan, karena masih ada bahan ujian untuk esok hari.

Strategi pengerjaan soal seperti ini membutuhkan keberanian dalam memperhitungkan waktu pengerjaan. Tanpa bermain dengan waktu maka strategi ini tidak akan jalan.

Sekali lagi, ini hanya pengalaman pribadi, belum pernah dituliskan dalam jurnal atau buku manapun, jadi jangan dipercaya sebelum dipraktikkan, bagi yang berani…

: )

Categories: Dalam Kelas, Uji Nyali Tags: , ,
  1. December 11, 2013 at 11:12 am

    Reblogged this on MARJANI UNTUK PENDIDIKAN.

  2. HELMIHAKIM
    December 12, 2013 at 8:13 am

    Reblogged this on HELMI HAKIM1212.

  3. January 25, 2014 at 7:04 pm

    hahahaaa strategi yang boleh dicoba nih.. tapi kalo ujiannya pilihan ganda gimana kak? wkwk becanda..

    • February 16, 2014 at 10:39 pm

      Pista,
      sama saja, yang penting adalah jumlah soalnya kan..?😀

  4. nsputra
    April 13, 2014 at 9:52 am

    Boleh saya cobakan ke mahasiswa saya ya Pak? Itung-itung buat menguji nyali mereka…ha…ha…. Terima kasih sharingnya Pak..

    • April 13, 2014 at 9:59 am

      Monggo Pak Nug, hehehe…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: