Home > Warung Kopi > Merindukan Senyum Sitaa

Merindukan Senyum Sitaa


Senyum Sitaa.

Senyum Sitaa.

Pendidikan usia dini dan dasar adalah saat mana penanaman pola pemikiran untuk menyukai belajar. Belajar apa saja. Karena di usia ini anak-anak mempunyai keingintahuan yang sangat tinggi, dan itu harus dikendalikan dengan sangat bijak oleh orang tua sekaligus pendidik eksternal (sekolah).

Untuk tetap menarik perhatian anak-anak dalam menyukai proses belajar yang positif dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah membuatnya nyaman saat berada di sekolah.

Sekitar sembilan tahun lalu, saat “krucil-1” saya mulai memasuki Sekolah Dasar, disanalah saya melihat usaha sederhana tetapi sangat mengena untuk membuat anak selalu bahagia di sekolah, dimulai saat mereka memasuki gerbang sekolah. Ah, salah, bukan dimulai saat memasuki gerbang sekolah, tetapi saat krucil mulai mengenakan seragam sekolah di pagi hari.

Apakah yang membuat krucil senang dan bahagia saat memulai hari sekolahnya?

Senyum.

Ya, hanya sebuah senyum. Senyum dari Sitaa.

Senyum dari Sitaa yang sangat ramah dan selalu beratmosfer menyenangkan. Senyum Sitaa yang full diperkuat dengan tatapan matanya yang tulus. Sitaa hadir dengan senyum yang tak pernah pudar sepanjang hari.

Apakah kekuatan senyum itu? Senyum menggambarkan beribu arti. Senyum ketulusan Sitaa dalam menyapa si krucil dan rekan-rekan sekolahnya mempunyai kemampuan menggugah semangat dalam melangkah memulai hari sekolah.

Disadari atau tidak, anak (atau bahkan kita sendiri) akan terkondisi suasana yang menyenangkan saat mana kita selalu melihat senyum ramah, senyum tulus, yang selalu menyertai kita.

Siapakah Sitaa yang saya maksud dalam tulisan ini..?

Sitaa adalah sebutan saya sendiri pada suatu gambar yang merupakan representasi dari salah satu abjad dalam bahasa arab. Silakan lihat gambar diatas, maka anda akan memahami yang saya maksud. Ia merupakan logo dari satu sekolah yang tentunya terdapat dibanyak tempat.

Logo yang saya rasakan mempunyai kesederhanaan sekaligus kekuatan yang sangat besar. Kekuatan yang mewakili dari perbuatan senyum dari semua untuk semua. Kekuatan yang lembut tetapi sangat melekat pada anak-anak sampai kapanpun.

Pada awal tahun 2013, saat mana saya mengikuti pertemuan orang tua murid dan guru di sekolah si krucil, kali ini “krucil-2” alias adiknya “krucil-1”, saya merasakan ada yang hilang. Senyum Sitaa, yang dulu selalu saya lihat saat memasuki halaman sekolah, sekarang sudah hilang tak tampak. Senyum Sitaa hilang. Entah pergi kemana.

Kekuatan senyum Sitaa yang selalu saya dambakan saat memasuki gerbang pusat pendidikan itu tidak ada lagi.

Ah kemana ya Sitaa…

Penyemangat krucil dan teman-temannya itu sudah menguap entah hilang dimana. Eh, masih ada, Sitaa masih ada di seragam mereka. Tetapi, dengan hilangnya Sitaa di sekolah, maka saya yakin tak lama lagi di seragam pun Sitaa akan pergi.

Senyum itu akan pergi selamanya…

Bagi saya senyum adalah hal termurah yang bisa kita berikan tetapi merupakan yang termahal dan terdahsyat dampaknya.

Saya merindukan senyum mu, Sitaa.

Categories: Warung Kopi Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

