Home > Warung Kopi > Menjadi Pengajar atau Pendidik

Menjadi Pengajar atau Pendidik


Pengajar atau pendidik, dua kata benda yang terkadang kita artikan sama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring, pengajar adalah orang yang mengajar. Sedangkan pendidik adalah orang yang mendidik.

Lalu bedanya apa..?

Turunan berikutnya dari kata pengajar adalah pengajaran. Dalam KBBI dikatakan bahwa pengajaran mempunyai arti antara lain adalah proses, cara, perbuatan mengajar atau mengajarkan.

Sedangkan pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Melihat dari KBBI tersebut, saya mengartikan dari sisi “awam definisi” adalah bahwa pengajar dan pendidik memiliki dimensi waktu dan semangat yang berbeda.

Jika saya sebagai pengajar, maka saya punya kewajiban memberikan materi pengajaran pada jam pelajaran tertentu. Dalam waktu 40 menit atau 2 x 40 menit saya beraksi, selesai, maka tugas saya selesai. Sebagai pengajar saya mempunyai hak diberi imbalan (atau menolaknya demi aksi sosial tertentu) atas jerih payah saya menyampaikan materi ajar tersebut. Selesai kewajiban dan hak maka selesai sudah tugas dan peran saya sebagai pengajar.

Tetapi jika saya memposisikan diri sebagai pendidik, maka saya berkewajiban memberikan usaha dengan target adalah pengubahan sikap dan tingkah laku, dalam proses yang tidak singkat. Pendidikan dapat berlangsung dalam 24 jam sehari, berbulan-bulan, bertahun-tahun, atau bahkan mungkin seumur hidup.

Pendidik tidak punya hak secara materi, tetapi mempunyai keyakinan akan haknya “dihari nanti”. Suatu pengharapan yang mempunyai kekuatan lebih besar dari apapun, karena pengharapan ini berlandaskan keyakinan, apapun agama atau anutan yang dijalani.

Pengajar belum berarti pendidik, sedangkan pendidik sedikit banyak bisa menjadi pengajar.

Jika anda seorang pendidik dan sekaligus (bisa) menjadi pengajar, maka sempurnaaa…

Andakah itu..?

: )

Sumber gambar: glasbergen.com

Categories: Warung Kopi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

