Home > Warung Kopi > Wilayah Adminstrasi di Indonesia

Wilayah Adminstrasi di Indonesia


Wlayah Provinsi di Indonesia

Wlayah Provinsi di Indonesia

Adakah yang tahu berapa jumlah provinsi di Indonesia..? Sebagian besar siswa dan guru dari mulai Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi tentunya bisa menjawab dengan benar. Bagaimana jika ditanya adakah yang hafal dengan nama provinsi yang ada di Indonesia..? Jumlah tahu tetapi hafalkah dengan namanya..?

Mengenang pelajaran Geografi (atau semacamnya) maka saya teringat saat masih di Sekolah Dasar. Saat itu ada pelajaran bagaimana mengenali wilayah administrasi provinsi untuk seluruh Indonesia. Jumlah provinsi seluruh Indonesia saat itu adalah 27.

Untuk jumlah Kabupaten, atau dahulu dikenal dengan sebutan Daerah Tingkat II (Dati II), maka yang harus dihafal adalah dilingkungan provinsi sendiri yaitu Lampung. Jumlah dan nama dari masing-masing Dati II haruslah hafal. Tidak hanya itu, tetapi juga ibukota dari masing-masing Dati II tersebut haruslah hafal juga. Berhubung hanya ada 3 Kabupaten dan 1 Kotamadya (sekarang disebut “Kota”) maka menghafalnya tidaklah sulit.

Bagaimana dengan Kecamatan? Sama dengan Dati II, maka yang harus dihafalkan adalah nama kecamatan di kabupaten saya tinggal. Untuk yang satu ini agak repot karena jumlahnya cukup banyak. Wah berapa ya..? Sudah lupa. Tetapi yang pasti saat itu harus hafal dan… tahu lokasinya ada dimana.

Bagaimana mengetahui lokasinya ada dimana..? Ya melalui peta. Lembar peta sudah diperkenalkan dimasa Sekolah Dasar. Saya ingat saat mana diharuskan membuat peta wilayah administrasi pada kertas karton putih, kemudian diberi warna yang berbeda pada amsing-masing Dati II. Diharuskan juga membedakan jenis garis batas yaitu batas administrasi Dati II dan batas kecamatan haruslah berbeda. Persisnya seperti apa sudah lupa tetapi kombinasi dari garis solid, garis putus, dan titik.

Dengan membuat peta tersebut maka sudah tergambar di benak bahwa kecamatan anu ada di sebelah kecamatan inu. Dan hal ini kemudian menjadi sangat berguna saat mana masa SLTP punya hobi keluyuran antarkecamatan… : )

Bagaimana pengenalan wilayah Indonesia lainnya..? Ada juga yaitu dengan cara bermain “peta buta”. Peta buta disini adalah suatu gambar hasil dari crop suatu tempat di kepulauan kita yang mempunyai ciri khusus, lalu hasil potongan ini disajikan tanpa embel-embel toponimi atau penamaan apapun. Kami diminta mengenali di wilayah manakah potongan gambar tersebut berada sebenarnya.

Pengajaran yang relatif sederhana ini ternyata sangat membekas hingga sekarang. Apalagi tentunya sejalan dengan bidang kerja saya yang selalu bersentuhan dengan peta. Sangat membantu dalam berpikir “secara spasial”.

Dalam kehidupan kita pun sudah dijejali dengan peta. Lihat saja aplikasi peta sudah merasuk dalam melalui Bing-nya Microsoft, Maps-nya Google, Maps-nya Yahoo! dan semua kita pakai dalam keseharian.

Dengan semakin kuatnya sentuhan kita dengan “teknologi perpetaan”, mampukah kita menengok sejenak ke anak-anak kita terutama tentang pengenalan wilayah tempat tinggalnya..?

Apakah anak-anak kita tahu bagaimana mengenali wilayahnya, berdasarkan peta, dengan baik..? Tahukan ia ada di kecamatan mana tinggalnya..? Kabupaten/Kota mana dan Provinsi mana..? Jika belum tahu maka ada “kesalahan” yang terjadi dengan bahan ajar yang telah ada khususnya terkait pengetahuan keruangan.

Baiklah, tanpa bermaksud menyalahkan siapapun, saya kembali ke pertanyaan awal saja: bisakah anda sebutkan nama-nama provinsi yang ada di Indonesia..?

: )

  1. Su12in
    April 16, 2012 at 3:17 pm

    jiah .. saya sudah ndak hapal😀

    • April 17, 2012 at 10:34 am

      ayo hapalkan lagi, sekarang provinsi sudah nambah lagi lho…
      : )

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: