Home > Warung Kopi > Generasi-Generasi Instan

Generasi-Generasi Instan


clip art, microsoft word

Source: clip art, Microsoft Word

Dari waktu kewaktu selalu terdengar keluhan mengenai perubahan yang tengah terjadi: generasi sekarang maunya yang instan saja, bisa dalam sekejap, tanpa perjuangan. Dan pendapat ini selalu diucapkan oleh semua pihak dalam menilai generasi juniornya.

Benarkah pendapat yang “merendahkan” tersebut? Apakah benar “generasi sekarang” maunya yang cepat dan gampang saja? Tidak ada proses dan perjuangan panjang?

Sebagian orang mengatakan: benar. Apalagi bagi yang pernah merasakan proses panjang dalam mencapai yang ingin diraihnya.

Sebagian lagi merasa tidak mampu menilai, karena merasa sebagai bagian kental dari penyuka gaya: “gampang dan cepat” alias gaya instan. Ehm, ini bagi yang jujur, tentunya…

Bagaimana dengan siswa/mahasiswa sekarang?

Bagi kalangan guru/dosen akan berpendapat yang berseberangan dengan para siswa/mahasiswa, mungkin… hehehe…

Yang saya temui di “lapangan pengajaran” (dimana saya berposisi sebagai pengajar, tentunya, ehm…), ada keduanya pada siswa/mahasiswa, yaitu: keinginan gampang dan cepat, dan kemauan melalui proses panjang.

Bagi kelompok siswa/mahasiswa instan akan terlihat sekali gaya mereka dalam menghadapi permasalahan, walau yang sekecil apapun. Saat diberikan tugas yang sangat ringanpun maka kecepatan mereka dalam bereaksi luar biasa. Reaksi apa?

Reaksi dalam bertanya mengenai bagaimana penyelesaian dari tugas tersebut!

Sebagian bahkan sangat tinggi frekuensinya dalam bertanya sehingga, sampai-sampai, setiap langkah proses ditanyakan detil. Lha kalo begini yang ngerjain tugas itu guru atau murid? Hehehe…

Bagi yang mau untuk memahami proses dalam mencapai hasil, ini juga banyak. Mereka tidak segan untuk bertanya sumber dari informasi yang ada ataupun mencari referensi yang disarankan. Bahkan tidak jarang saya justru yang belajar dari pencapaian mereka dalam memahami detil dari proses yang saya perintahkan untuk digali. Saling belajar.

Beberapa dari rekan mahasiswa kelompok terakhir ini mampu bekerja keras memompa diri untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Saya terkadang malah tidak terpikir bagaimana mereka bisa mempunyai energi yang begitu besar untuk mendalami masalah atau kasus yang diberikan.

Dari beberapa pengalaman itu saya menyadari bahwa “generasi instan” memang selalu ada disetiap masa, disetiap “generasi”. Generasi noninstan pun juga selalu ada.

Akan ada yang selalu ingin memudahkan dan, tanpa disadari, merendahkan dirinya sendiri. Tetapi banyak juga yang masih menyadari kalau proses memang diperlukan untuk mendapatkan hal terbaik.

Jadi jika dikatakan “generasi sekarang” selalu inginnya yang instan saja, pendapat ini bagi saya tidak selalu benar karena tidak mewakili dominan dari apa yang saya alami.

: )

Categories: Warung Kopi Tags: , , ,
  1. April 2, 2012 at 4:51 pm

    Jelas generasi instan sudah ada sejak lama. Buktinya, ada mi instan, kopi instan, dan lain-lain.:mrgreen:

    Salam persahablogan,
    @wkf2010😉

    • April 3, 2012 at 10:42 am

      Haha, tepat sekali.
      : ))

  2. April 19, 2012 at 9:52 am

    kalau nyari sesuatu biasanya di gugel, itu instant kali ya hehe..

    Tapi Kalau ga ketemu, kepikir untuk menambahkan or memproduksi konten/cerita tersebut biar orang lain kalau dpt masalah yg sama, nyari, ya ketemu hehe.. jadi ngga instant juga.

    Jadi instant dan non instant itu blur. Gak jelas per-definisinya.

    Rumah di jepang instant. Kayu, bambu dan kertas. Kalau ngga instant ya kayak di Indonesia. Sama-sama negeri rawan gempa, orang Indo gak berasa ‘hebat’ kalau rumah belum dari beton hehe… abis gempa roboh ngebangunnya lama, korban jiwa banyak. nah itu ngga instant😀

    • April 24, 2012 at 3:15 pm

      kang Unggul
      menurut saya, kalau namanya “mencari” itu adalah usaha, yang dimaksud instan adalah “hanya minta” atau “terima beres”.

      : )

  3. May 11, 2012 at 9:27 am

    sebetulnya mana yang lebih kreatif ya? yang instan atau yang noninstan?🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: