Home > Dalam Kelas > Bertanyalah pada F1

Bertanyalah pada F1


RedF1HelpKey

Sumber gambar: ClipArtOf.com

Suatu ketika di dalam kelas 3-A1-1 SMA, tahun 1988, ketika saya mempunyai masalah dengan persoalan pengoperasian perangkat lunak komputer, maka satu-satunya yang bisa diandalkan adalah F1.

Ada apa dengan F1..? Mengapa bisa diandalkan..?

Saat itu di kelas yang mempunyai kemampuan atau pengetahuan tentang komputer hanya 1-2 orang saja. Dan itu bukan termasuk saya. Tugas dari guru memaksa saya (dalam kelompok) mengerjakan tugas dengan menggunakan komputer.

Saat itu komputer yang ngetop adalah Personal Computer XT Model 286, berprosesor Intel 80286, dan ber-sistem operasi DOS yang tersimpan dalam cakram disket.

Perangkat lunak yang dipakai saya saat itu adalah WordStar sebagai pengolah kata, yang digunakan untuk menulis laporan. Dalam satu dua hal penguasaan perangkat lunak ini (saat itu) masih membingungkan.

Ketika kemudian saya tanyakan pada rekan saya yang paling menguasai WordStar di kelas mengenai masalah yang saya temui, maka jawabnya pendek saja:

“Bertanyalah pada F1”.

Jawaban yang sangat menyakitkan, saudara-saudara…!!!

Apalagi bagi orang yang sangat perlu (segera) jawaban dari persoalan yang ada.

F1 adalah salah satu tombol pada keyboard yang disepakati sebagai tombol untuk memunculkan keterangan bantuan dari perangkat lunak yang sedang aktif.

Tapi apa daya, ternyata F1 memang handal, karena kemudian saya tidak perlu lagi bertanya pada rekan saya tadi jika bertemu dengan masalah apapun di WordStar. Cukup “bertanya” pada F1 dengan menekan tombol F1 di keyboard, maka jawaban dapat dicari dengan mudah.

Prinsip penggunaan F1 sebagai petunjuk bantu ternyata berlaku hingga sekarang. Dan jawaban rekan yang sangat menyakitkan saat SMA dulu ternyata telah membantu saya untuk lebih mandiri dalam memecahkan persoalan kebuntuan dalam pengoperasian perangkat lunak, hingga kini…

Maka, jika anda mempunyai pertanyaan mengenai pengoperasian perangkat lunak yang sedang anda gunakan, jangan malu untuk bertanya pada F1, semua ada disana…

: )

*/ Sumber gambar: ClipArtOf.com

Categories: Dalam Kelas Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

