Home > Tugas Akhir > Kau datang dan pergi sesuka hati

Kau datang dan pergi sesuka hati


Satu hari ia datang membawa harapan baginya, kemudian ia pergi dengan tidak lupa membawa harapannya juga, entah kemana. Datang dengan penuh percaya diri dan pergi pun dengan percaya diri.

Satu pagi, seorang mahasiswa datang dari Bandung. Dengan membawa pesan bahwa ia diarahkan oleh dosen pembimbingnya untuk datang ke saya. Dan kami kemudian berdiskusi mengenai rencana tugas akhir yang akan dilakukannya. Dalam diskusi itu ia berharap saya menjadi pembimbing kedua, dan saya setuju.

Dalam perbincangan kemudian, ia berencana melakukan perbandingan pengolahan dari multicitra. Artinya beberapa data satelit dari sensor yang berbeda akan diproses dan dianalisis untuk satu obyek kajian. Demikian singkatnya.

Pertanyaan saya yang saya ajukan kemudian adalah apakah anda sudah pernah melakukan pengolahan citra satelit..?

Jawabannya adalah: belum… (doh)

Wah, saya langsung meragukan ide tugas akhir yang akan dilakukannya. Bagaimana mungkin ia bisa menyelesaikan tugas akhir jika hal yang sangat mendasar belum pernah dilakukan..? Apalagi ia ingin melakukannya dengan waktu yang sesingkat-singkatnya..?

Kalau tidak salah itu adalah kedatangan pertama. Kalau tidak salah ada juga kedatangan kedua untuk kemudian tak pernah datang lagi.

Suatu ketika muncullah undangan yang mengundang saya untuk hadir di seminar tugas akhir. Wow, sudah masuk tahap seminar..? Luar biasa cepatnya…

Karena undangan kebetulan mendadak dan saya telah mendapat tugas dari kantor untuk hari yang sama, maka saya tidak bisa hadir. Hasil dari seminar tersebut..? Wah saya nggak pernah tahu.

Dan pada akhirnya ia lulus (atau tidak) saya juga tak tahu.

Lalu apakah saya tetap menjadi pembimbingnya seperti yang ia minta waktu pertama datang, saya juga nggak tahu. Jika ya, saya tidak pernah menandatangani apapun sebagai dokumen pengesahan, misalnya. Semoga tidak. Semoga saya memang bukanlah pembimbingnya dan ia bisa lulus dengan hasil yang baik juga.

Saat ini namanya pun saya sudah lupa…

Benar-benar gelap…

: )

Categories: Tugas Akhir Tags:
  1. nsputra
    January 16, 2012 at 5:28 am

    He..he.. lha kok kasusnya sama dengan saya Pak. Saya juga pernah didatangi mahasiswa minta untuk dibimbing. Saya sudah mengarahkan sampai hal yang sedetil-detilnya, bahkan kemudian mencoba memulai penelitian awalnya. Kemudian dia menghilang, lama sekali. Tak tahunya, dia sudah lulus dengan bimbingan dosen yang lain. Weleh…weleh…apakah ini yang namanya dekadensi etika ya Pak….???

    • January 17, 2012 at 2:37 pm

      Pak Nug, ternyata ada juga yang mengalami hal serupa, hehehe…
      Entahlah ini apa namanya ya… Tapi memang menyangkut etika juga. Saya juga baru saja tahu bahwa rekan saya juga mengalami hal serupa, sudah diminta membimbing dan itu ia lakukan, lalu mhsnya menghilang, dan setelah 3 bulan dikontak… ternyata sudah lulus…
      : )

  2. January 25, 2012 at 1:44 pm

    wah alhamdulillah semoga masuk yang komitmen, sejak semester 2, ada dosen yang menawarkan mebimbing dan membantu kelahiran proses penelitiannya, meskipun ketika harus menawarkan pembimbing di jakarta ke bagian akdmk tp di minta dari internal ugm saja yah… pdhl fak lain bsa TT, karena cuman diperbolehkan 2 pembimbing bukan 3,
    tapi uji nyalinya alhamdulillah berkumpul semua yang berhubungan dari penelitian2 yg berhub. semoga dari hasil kerja saya memuaskan dosen2 sya …😀 :)))

    tapi seru juga… yang namanya ngejar tandatangan dan pemecahannya…. tantangannya itu jadi pengen lagi
    #curhat #skripsi

    nama dosen disembunyikan demi ketidakrahasiaan pribadi :)))

    • January 26, 2012 at 2:19 am

      mas Arwan, usaha yang menarik dan seharusnya demikian.
      : )

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

